Friday, 17 September, 2021

Daily Literacy Zone

ASAL USUL KUTEKS


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Assalamualaikum wr wb. Hai, Sobat DLZers. Adakah kalian yang menggemari kuteks? Itu, lho. Pewarna untuk kuku sehingga tampilan kuku kita jadi cantik dan menarik. Memang sih yang banyak memakai kuteks sebagai penunjang penampilan sehari-hari adalah para selebritas.

Sudah tahukah Sobat semua tentang sejarah kuteks itu? Kalau belum, kita ngobrol-ngobrol sedikit tentang kuteks, yuk? Siapa tahu bisa menambah wawasan kita semua, khususnya bagi para wanita.

Kuteks berasal dari Tiongkok. Lebih tepatnya dari Dinasti Zhou, sekitar tahun 1066-221 SM. Wah, ternyata sudah lama sekali, ya? Warna kuteks yang dipakai adalah emas dan perak. Oh ya, yang memakai kuteks dahulu masih terbatas, Sobat. Hanya kalangan bangsawan dan keluarga kerajaan saja yang memakainya. Kuteks saat itu masih jarang dan ekslusif. Tidak sembarang wanita bisa memakainya.

Saat Dinasti Ming (1368-1644 M) berkuasa, kuteks sudah mengalami banyak kemajuan. Warna yang dibuat sudah lebih bervariasi. Bahan pewarna yang dipakai adalah pewarna dari tumbuhan dan getah arab. Bahan untuk kuteksnya terbuat dari campuran lilin, lebah, putih telur, dan gelatin.

Kuteks terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Kini, kuteks sudah menjangkau seluruh wanita di dunia. Beragam merk kuteks yang beredar di pasaran baik itu buatan dalam negeri maupun luar negeri. Hanya saja yang halal dan sah untuk dipakai salat baru sedikit.

Kebanyakan kuteks memakai bahan dasar alkohol atau aseton sehingga tidak diperbolehkan dipakai saat wudu dan salat bagi muslimah. Sebab tidak tembus air dan segala sesuatu yang mengandung alkohol memang tidak diperbolehkan ketika kita salat. Saat wudu harus dipastikan semua anggota tubuh yang dibasuh air memang harus basah merata dan tidak terhalangi sesuatu apapun yang bisa menghalangi sampainya air.

Nah, sudah tahu kan sekarang darimana asal usul pemakaian kuteks, Sobat? Tak hanya berfungsi sebagai kosmetik, kuteks juga saat ini sudah bernilai seni. Banyak konten-konten di berbagai aplikasi yang ada di internet yang menyajikan nail art atau tutorial cara mempercantik tampilan kuku agar lebih menarik dan terkesan mewah. Ada yang sampai menambahkan aksesoris berupa pita tipis berwarna-warni, glitter, manik-manik, hingga berlian.

***

Sumber:

Wikipedia

Mine Vital Indonesia

Kumparan.com

News detik.com

Gambar: Koleksi kuteks Mine Vital, koleksi pribadi.

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

Editor: DLZ’s crew

0 comments on “ASAL USUL KUTEKS

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: