Saturday, 19 September, 2020

Daily Literacy zone

Yuk Nabung Di Bank Naskah


Yuk Nabung Di Bank Naskah

“Waduh, udah deadline aja. Mana tulisan yang harus disetor banyak dan aku belum menulis sedikit pun!”

“Pengen ikut nulis tapi nggak punya ide yang sesuai dengan judul atau tema yang diiklankan. Gimana, dong?”

Pernah menghadapi situasi semacam ini, Sobat? Mendadak panik saat ingin mengikuti suatu proyek nulis tapi tidak ada yang bisa ditulis, pikiran mendadak buntu dan tak ada ide yang mau singgah.

Tenang, tenang. Kondisi tersebut bisa teratasi bila kita memiliki satu solusi tepat. Apakah itu? Yaitu dengan memiliki bank naskah.

Apaan sih bank naskah? Bank naskah adalah file-file berisi simpanan naskah. Bisa disimpan di komputer atau di flash disk. Bisa berupa naskah utuh yang sudah jadi, baru berupa judul tulisan, beberapa pikiran pokok, atau hanya sekadar corat-coret singkat tentang suatu tema..

Bagaimana cara membuat bank naskah? Mudah saja. Buatlah satu folder khusus lalu beri nama, seperti file untuk naskah cerpen, buku, artikel, dan sebagainya. Sebaiknya dibuat berdasarkan jenisnya agar tersusun rapi dan mudah mencari tulisan yang diinginkan saat dibutuhkan.

Namun ingat juga bahwa jangan sampai hanya membuat bank naskah tanpa pernah menyelesaikan tulisan-tulisan yang belum selesai. Segera selesaikan saat memiliki kesempatan. Jangan sering menunda dan sebaiknya ada jadwal khusus untuk menulis.

Sebab akan percuma saja bila memiliki bank naskah namun tak ada satupun isi tulisan yang sudah selesai digarap di dalamnya. Bank naskah menjadi tidak berfungsi lagi sebagai cadangan naskah yang diperlukan di saat urgent. Tetap saja kita harus punya kesadaran diri untuk disiplin mengisi bank naskah.

Biasakanlah memiliki waktu khusus untuk menulis dan mengisi bank naskah. Bila akan mengambil naskah simpanan untuk diikutkan dalam proyek tulisan, jangan lupa untuk diperiksa kembali. Self editing tetap diperlukan.

Nah, bagaimana Sobat? Apakah Anda termasuk yang sudah memiliki bank naskah? Bila sudah, teruskan diisi oleh tulisan, ya? Bila belum, segera buat. Happy writing! Salam literasi.

***

literacyeditorial/rheailhamnurjanah

4 comments on “Yuk Nabung Di Bank Naskah

Hi, Kak. Saya termasuk orang yang memiliki simpanan naskah tulisan di Bank Naskah untuk terbitan naskah mingguan saya di blog. Seperti yang Kakak tuliskan, Bank Naskah sangat membantu ketika tiba-tiba saja menjadi sangat sibuk dan tidak bisa menyelesaikan tulisan untuk postingan mingguan. Sangat bermanfaat!

Reply

Keren! Mantap, Mbak Ayu! 👍👍

Reply
afafaulia18

Wah makasih teh inputnya, saya kadang menyimpan di notes gawai, belum rampung beberapa karena tertunda. Semoga bisa terselesaikan tulisan² yang belum rampung.

Terima kasih teh rhea🙏

Reply

Aamiin yra. Semangat! 💪💪

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: