Saturday, 18 September, 2021

Daily Literacy Zone

BEDAH BUKU ANTOLOGI “ADA CINTA DI TIAP AKSARA” DAN “MI FAMILIA”


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Assalamualaikum wr wb. Hai, Sobat DLZers. Semalam ada acara bedah buku via zoom di komunitas NuBar-Nulis Bareng area Sumatera. Acara berlangsung dari jam 19.30 WIB hingga sekitar jam 21.30 WIB. Infonya sudah disebarluaskan sejak hari Sabtu dan Ahad melalui media sosial. Acara ini terbuka tidak hanya untuk komunitas NuBar-Nulis Bareng saja tetapi umum juga.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kang Zamzam selaku moderator, lalu dilanjutkan dengan pengenalan sekilas tentang NuBar-Nulis Bareng dan pemaparan oleh Mbak Emmy Herlina selaku manajer area NuBar Sumatera, sekaligus PJ kedua antologi spesial tersebut. Kenapa disebut spesial? Karena antologi “Ada Cinta di Tiap Aksara” merupakan event khusus yang dibuat untuk menyambut milad NuBar Sumatera. Mbak Emmy menguraikan secara lengkap latar belakang pembuatan antologi tersebut juga antologi “Mi Familia”. Yang satu bercerita tentang cinta pada dunia literasi dan yang satunya lagi bercerita tentang cinta pada dan di keluarga. All about love. Cinta yang menjadikan benang merah bagi kedua antologi ini. How sweet.

Beberapa kontributor dari tiap antologi, mewakili event-nya tampil sebagai narasumber. Ada Mbak Rere, Mbak Wawang, Mbak Santi, saya sendiri, dan Mbak Endah. Semua menjelaskan tentang latar belakang penulisan naskah yang telah digarap dan isi dari tulisannya masing-masing. Pak Ilham selaku direktur NuBar-Nulis Bareng juga ikut memberikan sedikit info-info seputar NuBar via tampilan powerpoint.

Antusias peserta terlihat dari acara diskusi dimulai. Beberapa mengajukan pertanyaan hingga meminta pertambahan waktu karena masih merasa asyik menikmati acara santai tapi tetap serius tersebut. Kebanyakan pertanyaan yang diajukan adalah kendala-kendala atau ganjalan-ganjalan yang dirasakan ketika menjalani profesi sebagai penulis. Seperti keinginan untuk menulis genre yang berbeda dari yang biasa ditulis alias out of the box, menulis sesuatu yang berbeda, menggigit, dan menarik. Tips jitu apa yang tepat digunakan ketika ingin menyelamatkan ide yang muncul ketika dalam keadaan tidak bisa menyimpan lintasan ide yang tiba-tiba muncul tersebut, perlu atau tidaknya menyediakan waktu khusus untuk menulis, dan kapan waktu yang tepat untuk menulis. Ada yang merasa masih tergantung mood untuk menulis, memantapkan ide untuk menulis agar terkerangkai dan fokus pada tema yang dibuat, serta beberapa pertanyaan lainnya.

Acara bedah buku ini dihadiri oleh sekitar 35-an orang penulis. Ada yang berasal dari komunitas NuBar, ada juga dari umum. Semua menyimak dengan baik dan tetap berada di dalam grup hingga acara selesai. Memang ada satu dua orang peserta yang keluar masuk zoom karena qadarullah ada kendala dadakan yang tiba-tiba muncul seperti listrik mati dan sinyal yang kurang bersahabat. Namun, mereka tetap kembali bahkan ada yang sampai menyalakan lilin dengan ditemani keluarganya, lho. Sungguh perjuangan yang luar biasa! Dikelilingi keluarga yang penuh cinta. Sesuai dengan isi antologi yang sedang membahas tentang cinta. Well, cinta memang satu-satunya perekat keharmonisan keluarga yang utama. Bikin meleleh ….

Nah, bagaimana Sobat DLZers? Sayang kan karena tidak ikut berpartisipasi dalam acara tersebut? Karena meski ini acara literasi namun suasana yang terjalin sangat hangat dan kekeluargaan. Saling berbalas komentar dengan bahasa dan ungkapan positif. Tertib dan menyenangkan. Alhamdulillah.

Meski mungkin belum dihadiri ratusan atau bahkan ribuan peserta (insyaAllah suatu hari nanti, aamiin yra), namun acara bedah buku saya rasa berjalan lancar dan sukses. Bravo untuk pihak penyelenggara dan tim! Bravo untuk para peserta yang terus setia menyimak dan berperan aktif hingga akhir acara! Eits! Jangan lupa, ada bonus hadiah menanti, lho. Tunggu saja info selanjutnya. Kriteria yang dipilih m salah satunya yaitu peran aktif peserta. Kemudian ada challenge baru terkait acara ini yaitu review hasil reportase semalam yang ditulis dan di-share di website NuBar, Rumah Media Grup, maupun website binaan RMG. Lagi-lagi ada hadiah menarik menanti dari pihak sponsor sekaligus penyelenggara utama, Mbak Emmy Herlina. Barakallah!

Mari terus produktif menulis dan berkarya lewat bidang yang kita kuasai. Jalin selalu silaturahmi dengan siapapun agar rezeki terus mengalir dan insyaAllah diberkahi Allah SWT. Saling bersaudara, saling mendukung, dan menyemangati dalam kebaikan. Jangan saling sikut. Jangan saling menjatuhkan orang lain demi membesarkan diri sendiri. Yang terpenting dari semua itu adalah mari menulis untuk menebar kebaikan dan manfaat. “Investasi kita di dunia dan akhirat. Agar menjadi amal jariyah berjamaah”. Ini saya kutip dari ucapan Mbak Endah S dan memang pas mengena di hati.

Salam literasi.

***

Editor: DLZ’s crew

Gambar: koleksi NuBar-Nulis Bareng kelas zoom bedah buku.

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

4 comments on “BEDAH BUKU ANTOLOGI “ADA CINTA DI TIAP AKSARA” DAN “MI FAMILIA”

Melani pryta

MasyaAllah, alhamdulillah dengan membaca tulisan teh Rhea, Dewi serasa ikutan menikmati keseruannya. Bravo! Selamat atas suksesnya acara ini. Terima kasih banget dgn Nubar yg memilih Dewi sbg naskah terbaik pd buku “Ada Cinta di Tiap Aksara”, MasyaAllah.

Reply

Iya, Mbak. Thanks ya udah mampir 🙏🏻😍

Reply

Seger ya, Mak. Ganteng mana ama Sergio? 🤭
#ehh ….

Reply

[…] Mbak Emmy yang kece  tadi, saya juga bisa  denger paparan Mbak manajer area Jawa Barat,  Mbak Rhea Ilham Nurjanah yang caem (yang dulunya saya kira istrinya Pak Founder Ilham Alfafa, salfok saya sama nama […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: