Sunday, 20 September, 2020

Daily Literacy zone

BERDAKWAH LEWAT TULISAN, ANTOLOGI “AYAT-AYAT PENGGUGAH SEMANGAT”


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

“Saya bukan pendakwah, nggak berbakat bicara di depan orang banyak. Ilmu agama juga masih sedikit. Tidak berani bicara soal agama. Bukan lulusan pesantren pula. Diri sendiri masih banyak yang perlu dibenahi. Nanti sajalah dakwahnya kalau sudah banyak ilmu. sekarang mah biasa-biasa ajalah.”

Eits, siapa bilang berdakwah itu harus sudah punya ilmu agama yang segambreng? Siapa bilang harus lulusan pesantren saja yang boleh sementara yang bukan lulusan pesantren dianggap tidak berhak?

Baca ini juga : Rilis Antologi NuBar terbaru

Para penulis di antologi Ayat-ayat Penggugah Semangat

Mari kita telisik satu persatu beberapa hal yang bisa menjadi alasan mengapa dakwah itu sebetulnya adalah kewajiban semua pribadi yang mengaku beragama Islam. Tak perlu jauh-jauh mencari, tokoh idola utama kita bisa dijadikan gambaran.

Ya! Rasulullah SAW, Nabi dan Rasul junjungan kita apakah seorang yang berasal dari lulusan pesantren? Pintar baca tulis dan segambreng ilmu lainnya sebelum diangkat menjadi Nabi dan Rasul? Apakah Al Quran beliau kumpulkan dulu menjadi 30 juz, dihafalkan hingga khatam semua baru didakwahkan kepada masyarakat luas? Apakah Allah SWT langsung menurunkan wahyu-Nya dalam satu waktu saja sekaligus?

Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat.” (H.R. Bukhari)

Nah, dalam rangka ber-amar ma’ruf nahi munkar, berdakwah lewat tulisan, maka ke-19 penulis dari berbagai latar belakang pendidikan baik yang lulusan pesantren maupun non pesantren dalam buku antologi “Ayat-ayat Penggugah Semangat” ini ingin membagikan sedikit pengalamannya dalam mengamalkan satu atau beberapa ayat dari Al Quran maupun hadis. Ayat-ayat yang dijadikan penyemangat di kala hati sedang gundah gulana, resah, dan bimbang. Sebab hanya dengan mengembalikan segala sesuatunya kepada Sang Pemilik segala sesuatu, hati akan senantiasa menjadi lebih tenang, lapang, ikhlas, dan tawakal dalam menjalani setiap episode kehidupan.

Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imran, 3: 110)

Memang mungkin kami bukanlah sosok alim ulama yang mahsyur. Tetapi apapun itu, walau kecil dan remeh, walau hanya satu dua ayat yang sanggup kami tuliskan, semoga buku ini tetap dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi siapapun yang membacanya, serta bernilai di hadapan-Nya. Aamiin yra.

Antologi Ayat-ayat Penggugah Semangat, buku ke-50 NuBar Rumedia area Jabar

Ingin memilikinya juga? Harga cuma 60 ribu aja, belum termasuk ongkir. Silakan hubungi Rhea Ilham Nurjanah di WA: 0895 3317 23117.

Salam literasi.

1 September 2020

Editor: DLZ’s crew

Gambar: Koleksi NuBar Rumedia area Jabar

dailyliteracyzone.com/ rheailhamnurjanah

0 comments on “BERDAKWAH LEWAT TULISAN, ANTOLOGI “AYAT-AYAT PENGGUGAH SEMANGAT”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: