Monday, 17 January, 2022

Daily Literacy Zone

BLURB DAN SINOPSIS, BERBEDA ATAU SAMA?


Penulis: Rhea Ilham Nurjanah

Assalamualaikum wr wb. Hai, Sobat DLZers! Sudahkah menulis hari ini? Apakah Sobat pernah disuruh membuat sinopsis saat mengerjakan tugas menulis atau saat membuat sebuah ajuan bahan untuk sebuah buku? Atau ketika disuruh membuat blurb?

Selama diberi tugas tersebut, apakah Sobat tahu bahwa antara sinopsis dan blurb itu berbeda atau sama? Atau hanya mengerjakan saja tanpa mau tahu apakah mereka memiliki perbedaan atau sama saja?

Menurut Kamus Bahasa Indonesia Inggris, blurb adalah uraian singkat isi buku sebagai perkenalan atau iklan. Panjang blurb sekitar 100 kata. Bisa menjadi 2 hingga 3 paragraf. Letaknya di cover bagian belakang sebuah buku.

Tujuan utama pembuatan blurb adalah untuk menarik minat audiens atau pembaca agar tertarik ingin membeli dan membaca buku yang dimaksud. Membuat blurb pada penerbit mayor sebenarnya tugas para tim redaksi, tetapi boleh saja jika penulis buku ybs yang membuatnya. Sementara pada self publishing atau indie, membuat blurb merupakan tugas penulis ybs atau tugas leader proyek antologi jika bukunya berupa antologi.

Menurut KBBI, sinopsis adalah ikhtisar, ringkasan, abstraksi karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan yang menjadi dasar sinopsis tersebut dibuat. Tujuan dibuatnya sinopsis adalah untuk memberi gambaran secara ringkas dan berisi tema atau materi yang diulas oleh pengarang. Panjang sinopsis berkisar antara 2 hingga 12 halaman, ada juga yang mengatakan cukup sekitar 1 hingga 3 atau 4 halaman.

Apa saja isi sinopsis itu? Isinya berupa ringkasan cerita yang meliputi penokohan, alur cerita, seting waktu dan tempat, konflik, dan hal-hal yang menimbulkan keingintahuan dan ketertarikan pembaca untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Sinopsis biasanya dibuat ketika kita akan membuat pengajuan suatu tulisan berupa buku kepada penerbit atau pengelola platform menulis online yang makin marak akhir-akhir ini. Sinopsis harus diawali dengan hook, atau sesuatu yang langsung menarik minat orang yang akan membaca karya tersebut sejak di kalimat pertama.

Pada platform menulis online, sinopsis diletakkan pada bagian awal sebuah karya sebelum pembaca masuk ke bab pertama. Pembuatan sinopsis yang menarik yang akan menentukan apakah pembaca akan lanjut membaca ke bab pertama hingga seterusnya ataukah hanya merasa cukup berhenti setelah membaca sinopsisnya saja. Biasanya selain memperkenalkan tokoh dan sedikit latar belakangnya, isi sinopsis langsung menggiring pembaca pada sebuah konflik.

Nah, bagaimana? Apakah Sobat DLZers sudah memahami perbedaan, fungsi dan tujuan masing-masing? Jangan sampai salah lagi, ya? Selamat berkarya. Salam literasi.

***

Referensi:

kbbi.web.id

id.wikihow.com

cabaca.id

merdeka.com

Editor: DLZ’s crew

Gambar: Canva

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

0 comments on “BLURB DAN SINOPSIS, BERBEDA ATAU SAMA?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: