Friday, 05 March, 2021

Daily Literacy Zone

GELIAT SAGUSAKU DARI IGI KABUPATEN DAIRI


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Assalamualaikum wr wb. Hai, Sobat literasi. Apa kabar aktivitas menulisnya hari ini? Adakah yang sedang diselesaikan? Semoga selalu diberi kemudahan dan kelancaran, ya.

Beberapa hari lalu, saya tiba-tiba mendapat kabar baik. Dari salah seorang sobat penulis, sekaligus seorang guru yang saat ini bertugas di salah satu sekolah yang ada di pelosok Sumatera Utara sana. Putri daerah yang memilih berbakti untuk memajukan daerahnya.

Perkenalan kami dimulai tahun 2019 lalu saat Mbak May, panggilan akrab dari nama lengkapnya Maysarah Silalahi, mengikuti salah satu event antologi yang diselenggarakan oleh NuBar area Jabar. Yang berjudul “Jangan Menyerah”. Kebetulan antologi tersebut dipijekan oleh Mbak Denny Lumban Gaol. Salah seorang penulis sekaligus guru asli Sumatera Utara juga.

Tidak hanya menulis di sati event saja namun juga berlanjut ke event-event selanjutnya seperti Gapai Rida Ibunda, Perempuan Penggerak Sosial, dan beberapa judul lainnya yang masih dalam proses. Bertambah ramai karena putri sulung Mbak May ikut menulis juga di event perdana PenCil-nya Rumedia untuk area Jabar. Juara kedua pun berhasil diraih oleh sang putri. Keren, kan? Tapi nanti kita buat ulasan khususnya. InsyaAllah.

Nah, Mbak May ini bergiat sebagai pengurus daerah Ikatan Guru Indonesia untuk Kabupaten Dairi. Program yang mereka buat salah satunya adalah SAGUSAKU, kepanjangan dari SAtu GUru SAtu BUku. Jadi diharapkan para guru mampu dan bisa menuliskan buku, baik buku antologi maupun solo atau tunggal.

Buku-buku antologi yang sudah terbit –termasuk bersama NuBar area Jabar– menjadi pemantik untuk mengawali dan penanda bahwa guru-guru di IGI Dairi sudah memiliki karya berupa buku. Buku-buku yang sudah terbit, diserahkan kepada Bapak Kadis Kabupaten Dairi untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya di perpustakaan daerah. Menarik, bukan?

Geliat literasi yang tak hanya dilakukan di daerah yang dekat dengan pusat pemerintahan saja, tetapi juga untuk menjangkau hingga ke pelosok. Terutama sekali peran serta aktif para guru memegang peranan penting karena salah satu tugas utamanya adalah mencerdaskan bangsa. Lewat literasi salah satunya. Sebuah kegiatan yang patut didukung dan diapresiasi oleh kita semua.

Semoga geliat literasi bisa terus menjangkau seluruh pelosok dan berkembang selalu. Mencerdaskan bangsa. Kabar baik untuk dunia literasi. Sukses selalu untuk Mbak May dan para guru di Kabupaten Dairi khususnya dan semua guru yang ada di Indonesia pada umumnya.

Salam literasi.

***

Editor: DLZ’s crew

Gambar/ foto: koleksi pribadi Maysarah Silalahi, Canva.

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

2 comments on “GELIAT SAGUSAKU DARI IGI KABUPATEN DAIRI

Nunu Oeng

Guru keren, guru hebat. Salam untuk kawan kawan guru di Kabupaten Dairi.

Reply

Siap. Akan kami sampaikan salamnya. 🙏🏻🙏🏻

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: