Monday, 17 January, 2022

Daily Literacy Zone

GENRE DARK ROMANCE


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Assalamualaikum wr wb. Hai, Sobat DLZers! Sudahkah menulis hari ini? Nulis fiksi atau non fiksi?

Untuk kesempatan kali ini, kita bahas salah satu dari sekian banyak genre dalam fiksi, yuk? Namanya genre “dark romance“. Kira-kira terbayang apa di dalam benak kita saat membaca dua kata tersebut?

Dark, artinya gelap. Romance, artinya romansa atau romantis. Jadi kalau secara bahasa bisa diartikan menjadi kisah romantis yang gelap.

Menurut Wikipedia, genre dark romance ini merupakan subgenre yang menyatakan ketertarikan populer kepada hal-hal yang bersifat irasional, iblis, dan aneh. Bahkan di Inggris, genre ini sering dikaitkan dengan genre Gotik. Memang gotik itu identik dengan kesuraman yang dilambangkan dengan dominasi warna hitam untuk semua yang berkaitan dengannya.

Sedangkan menurut Wattpad.com, genre dark romance adalah sebuah genre yang cerita-ceritanya berisikan intrik-intrik, siasat-siasat, ketidakbahagiaan, penderitaan, dan kesengsaraan yang dialami oleh tokoh utama atau pun hal-hal yang melingkupinya. Jadi dari awal cerita hingga akhir, biasanya minim sekali akan adanya nuansa kebahagiaan. Yang ada hanya kesuraman, kesialan, penderitaan, dan hal-hal menyedihkan serta buruk.

Contoh kisah yang termasuk ke dalam genre dark romance ini salah satunya adalah kisah legendaris yang populer sepanjang masa. Ya! Cerita tentang Romeo dan Juliet. Sedari awal hingga akhir cerita, sedikit sekali yang mengungkapkan sisi kebahagiaan. Selebihnya menitikberatkan pada kemarahan, kebencian, pertentangan, perjuangan, hingga kematian.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk atau Siti Nurbaya bisa menjadi salah satu di antaranya. Masih banyak lagi cerita-cerita berisi romansa kelam, ketidakbahagiaan, cinta yang tak kesampaian, cinta yang terkhianati, dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan kisah Layangan Putus yang sedang booming akhir-akhir ini? Bisa jadi cerita ini pun termasuk ke dalam genre dark romance untuk drama keluarga, mengingat isinya yang banyak menitikberatkan pada cinta yang terkhianati.

So, apakah Sobat tertarik untuk menulis cerita fiksi bergenre dark romance?

Salam literasi.

***

Editor: DLZ’s crew

Gambar: Canva

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

0 comments on “GENRE DARK ROMANCE

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: