Thursday, 16 September, 2021

Daily Literacy Zone

ISTILAH DALAM KEPENULISAN


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Assalamualaikum wr wb. Hai, Sobat DLZers. Sudahkah hafal istilah-istilah yang sering ditemukan saat menulis?

Spasi. Spasi adalah ruang atau daerah kosong yang digunakan senbagai pemberi jarak dan pemisah kata, huruf, angka, atau tanda baca. (id.m.wikipedia.org)

Jarak antara huruf cetak atau antara baris tulisan, keping timahkecil-kecil untuk memberi jarak huruf-huruf atau baris di percetakan. (https://kbbi.web.id/spasi.ht bml)

Aturan yang dipakai untuk awal kalimat setelah tanda baca atau kalimat kedua dan seterusnya, antar kata dalam kalimat, cukup satu spasi saja. Khusus untuk kalimat baru dalam awal paragraf atau dialog, tidak perlu memakai spasi setelah alinea baru.

Alinea. Adalah bagian permulaan dalam suatu narasi untuk paragraf baru. Ada yang menjorok 7-10 spasi dari awal batas margin, ada yang lurus dengan batas margin.

Paragraf. Adalah suatu gagasan yang saling berkaitan satu sama lain. Nama lainnya adalah wacana mini. Kegunaan dari paragraf adalah untuk menjadi penanda dimulainya topik baru dan memisahkan gagasan-gagasan utama yang berbeda. Disebut sebagai satu paragraf jika terdiri dari minimal 2 atau lebih kalimat penyusun atauperangkainya. (id.m.wikipedia.org/paragraf)

Narasi. Berasal dari kata latin “narre”, yang artinya memberi tahu. Narasi berhubungan dengan usaha untuk memberitahu sesuatu atau peristiwa yang terjadi dalam suatu kesatuan waktu. (Wikipedia)

Dialog. Sebuah literatur teatrikal yang terdiri dari percakapan secara lisan atau tertulis antara dua orang atau lebih. (Wikipedia)

Adalah percakapan langsung dalam sandiwara, cerita, dan sebagainya. Kata-kata yang diucapkan tokoh atau pemain untuk mengungkapkan pikiran atau perasaannya yang ditujukan kepada pemain lain. (kbbi.web.id>dialog)

Dalam pemakaiannya, dialog untuk melengkapi narasi dan dialog pada naskah drama berbeda aturan penulisannya. Nanti akan dibahas pada bahasan tersendiri.

Tanda (***). Tanda asterisk 3. Fungsi tanda ini adalah untuk mengakhiri sebuah tulisan, penanda perpindahan alur dalam cerita, perpindahan POV, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat. Selamat belajar.

Salam literasi.

***

Editor: DLZ’s crew

Gambar: Canva

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

0 comments on “ISTILAH DALAM KEPENULISAN

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: