Sunday, 25 October, 2020

Daily Literacy zone

JANJI NULIS BUKU SOLO


“Mau menulis buku solo kita kapan? Ayo! Segera tuliskan niat itu. Bisa di cermin rias, di depan pintu kamar, di agenda pribadi, di balik kaca meja kerja, di mana pun. Tuliskanlah! Baca setiap hari. Lalu mulailah menulis!”

Kata-kata itu terus teriang di dalam benak saya sepulang menghadiri salah satu workshop kepenulisan bareng maestro literasi muslimah Indonesia di tahun 2012-2013 lalu. Penulis senior yang sepak terjangnya banyak menginspirasi banyak penulis pemula lainnya, termasuk saya.

Lalu diam-diam, saya tulis di dalam agenda pribadi seperti ini, “I will write my own book someday. Soon. Insya Allah.” Dengan ukuran tulisan jumbo, memenuhi satu halaman.

Baca juga : TULIS OLEH KITA

Setiap kali membuka agenda tersebut, tulisan itu selalu terbaca. Selintas lalu. Sekilas-sekilas. Tergulung oleh kesibukan mengurus lima anak yang masih kecil-kecil, pekerjaan sebagai nakes di rumah sakit swasta yang padat dengan jadwal lembur, hingga cita-cita menerbitkan buku belum jua terealisasi sampai tiga empat tahun kemudian.

Yup! Finally I made it. I made my own books. How it’s feels? So amazing! Masya Allah.

Bisa menulis buku ketika sudah lama resign, anak-anak satu persatu masuk sekolah, dan suami berbaik hati meminjamkan satu laptopnya untuk saya pergunakan. Karena apa? Karena pastinya, Allah SWT sudah menentukan waktu yang tepat untuk saya bisa mewujudkan impian itu. Dia yang telah memberikan inspirasi lewat kata-kata Mbak Helvy untuk saya dengarkan, tulis, simpan, baca berulang, lalu diwujudkan.

Maka, jika Sobat DLZers ingin menulis buku solo sendiri, cobalah resep ampuh yang satu ini. Tulis di tempat yang mudah kita lihat dan baca setiap saat, setiap hari. Alam bawah sadar kita akan merekamnya berulang-ulang kali. Hingga dapat memicu keinginan dari dalam diri untuk mewujudkannya, plus inspirasi dari Allah SWT juga tentunya. Tinggal kita maksimalkan segenap panca indera untuk bisa mewujudkan itu semua. Asahlah kepekaan itu. Temukan momen terbaiknya. Ketika mendapatkan inspirasi, segera ikat, dan eksekusi. Lalu biarkan takdir-Nya menuntun kita untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.

Siap untuk mencoba? Lakukan sedari sekarang, yuk?

Salam literasi.

18 September 2020.

Editor: DLZ’s crew

Gambar: Canva dan koleksi pribadi.

dailyliteracyzone.com/ rheailhamnurjanah

2 comments on “JANJI NULIS BUKU SOLO

kepingin, someday I wanna do it., insyaa Allah

Reply
DLZ Admin

Aamiin yra. Semoga dimudahkan ya 🙏
Semangat!!💪💪

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: