Monday, 21 September, 2020

Daily Literacy zone

PEMULIHAN PASCA KEGUGURAN DENGAN 5 TIPS SEHAT


(Penulis : Rhea Ilham Nurjanah)

Keguguran spontan adalah kejadian yang sangat tidak diharapkan oleh para wanita yang menginginkan untuk segera mendapatkan momongan atau ingin menambah momongan. Tapi bila keguguran terjadi tanpa pernah diduga sebelumnya atau terpaksa harus menggugurkan kandungan karena alasan medis, maka tidak ada pilihan lain bagi para ibu selain menerima dengan ikhlas dan sabar.

Setelah mengalami keguguran dan menjalani kuret, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah:

Bedrest.

Tubuh akan mengalami banyak kehilangan darah dan energi. Sehingga tidak mengherankan apabila kondisi wanita yang baru saja keguguran menjadi lemah. Beberapa di antaranya bahkan memerlukan transfusi darah akibat terlalu banyak perdarahan yang terjadi.

Untuk mengembalikan agar kondisi tubuh kembali fit seperti semula, maka sebaiknya ibu beristirahat total di rumah. Bedrest selama beberapa hari sampai kondisi dirasa sudah benar-benar pulih.

Jangan melakukan aktivitas berat.

Jangan mengangkat-angkat barang-barang yang berat atau melakukan pekerjaan rumah yang banyak menguras energi. Sebaiknya ibu fokus mengembalikan kondisi tubuh agar menjadi sehat seperti semula, apalagi kondisi rahim setelah keguguran biasanya masih dalam keadaan yang rapuh seperti halnya pasca melahirkan. Risiko terjadinya perdarahan bisa saja terjadi.

Makan makanan bergizi.

Ketika mengalami keguguran, ibu kehilangan banyak darah dan energi. Untuk mengganti jumlah darah yang hilang tersebut, maka ibu harus banyak makan makanan yang bergizi. Perbanyak makan makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran hijau, daging, susu, dan sejenisnya.

Perhatikan kebersihan organ kewanitaan.

Setelah menjalani kuret, ibu masih akan mengalami perdarahan seperti halnya wanita yang mengalami nifas. Ganti pembalut setiap 2-3 jam sekali. Bersihkan organ kewanitaan dengan sabun antiseptik khusus dari dokter. Atau bisa menggunakan air rebusan daun sirih sebagai antibiotik alami yang tak hanya membersihkan tetapi juga menghilangkan bau tidak sedap di area kewanitaan. Gunakan celana dalam yang bersih dan menyerap keringat.

Jangan dulu hamil selama rentang waktu 3-6 bulan.

Sebaiknya ibu menjaga jangan sampai terjadi kehamilan setelah mengalami keguguran. Minimal waktu rahim kosong selama 3 hingga 6 bulan. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi rahim agar pulih kembali sebelum menerima pembuahan baru bila terjadi kehamilan selanjutnya.

Bila ibu masih menginginkan hamil kembali setelah mengalami keguguran, maka persiapkanlah diri sebaik mungkin. Jagalah kondisi tubuh baik-baik agar kejadian keguguran tidak terjadi lagi. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter kandungan tentang rencana untuk kembali menjalani kemungkinan program kehamilan, mengenali sebab-sebab terjadinya keguguran, ataukah menghentikan program kehamilan. Terutama jika ibu sudah memasuki usia risiko tinggi yang cukup riskan untuk kembali mengalami kehamilan.

Semoga bermanfaat.

***

Referensi dari berbagai sumber.

Sumber gambar : Canva

dailyliteracyzone/rheailhamnurjanah

One comment on “PEMULIHAN PASCA KEGUGURAN DENGAN 5 TIPS SEHAT

Info yg sangaaaat bermanfaat.. thanks kak Rhea 😇🙏

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: