Monday, 25 October, 2021

Daily Literacy Zone

PERBEDAAN TEMA DENGAN JUDUL


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Assalamualaikum wr wb. Hai,Sobat DLZers. Sudah menulis apa hari ini?

Beberapa kali, dari suatu diskusi ringan, nyatanya masih terlihat aura kebingungan dari para penulis saat diminta untuk menentukan judul dan tema. Ada yang menganggap judul itu tema dan tema itu judul. Jadi terbolak balik, deh. Padahal ada beberapa perbedaannya, lho.

Biar tidak bingung, yuk, kita bahas. Selamat menyimak.

Judul, pengertiannya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kepala karangan, kepala cerita. Jadi, judul adalah bagian yang diletakkan pada bagian paling atas sebuah tulisan. Hal paling pertama yang kita lihat dari suatu tulisan. Tertera pada sampul buku, kepala artikel, dan sebagainya. Judul tidak perlu panjang-panjang. Beberapa referensi bahkan mensyaratkan bahwa judul jangan lebih dari 7 kata.

Related post: 7 Ramuan Ajaib Membuat Judul Keren

Sementara tema adalah pokok pikiran, dasar cerita, yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, dan sebagainya. Tema bisa juga sebagai penjelas atau penjabaran dari ide utama atau pokok pikiran dan bukan judul. Tema bukanlah judul, tetapi penjelas dari judul dan judul bukanlah tema. Kata-kata untuk judul bisa diambil dari tema, lebih diringkas. Tema bisa diambil dari judul tetapi lebih diperjelas dan bisa lebih panjang.

Fungsi judul adalah memberi gambaran sekilas tentang isu atau hal apa yang akan dibahas dalam suatu tulisan. Bisa menimbulkan rasa penasaran karena tidak secara detail menceritakan isi inti dari suatu tulisan. Mengandung arti bisa tersurat ataupun tersirat.

Sementara fungsi tema adalah memberikan gambaran ide pokok yang akan dijelaskan dalam suatu tulisan. Jadi pembaca sudah memahami atau mengetahui gambaran apa inti dari tulisan yang ingin disampaikan. Penulis juga akan tetap menulis di jalur yang sesuai dengan batasan tema sehingga tulisannya tidak melantur atau beralih ke topik lainnya.

Beberapa contoh judul dan tema:

1. Judul: Tempat Wisata Favoritku

Tema: Menceritakan pengalaman berwisata ke tempat wisata favorit.

2. Judul: Problematik Wanita

Tema: Berbagai problem yang dihadapi wanita dan bagaimana solusi untuk menghadapinya.

Mudah, bukan? Sudah pahamkah, Sobat? Kalau belum, baca lagi materinya dengan saksama dan mulai latihan membuat judul serta tema, ya? Selamat belajar dan jangan terbalik atau tertukar lagi.

Salam literasi.

***

Editor: DLZ’s crew

Gambar:

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

0 comments on “PERBEDAAN TEMA DENGAN JUDUL

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: