Friday, 17 September, 2021

Daily Literacy Zone

PODCAST APAAN, SIH?


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Assalamualaikum wr wb. Hai, Sobat DLZers. Pernah mendengar kata “Podcast”? Kebetulan akhir-akhir ini saya rutin membagikan link podcast ke beberapa grup di medsos. Sudah pernah coba membuka dan mendengarkannya?

Pasti pernah dengar nih, bagi yang suka berselancar di dunia maya. Apalagi kalau suka mampir ke youtube. Pasti nggak asing dengan salah satu artis papan atas yang sekaligus seorang magician plus pembawa acara di tv swasta yang bikin konten berlabel “podcast”.

Anchor dan spotify: Literacy with Rhea

Sebenarnya apa sih podcast itu? Podcast itu adalah bentuk siaran episode program yang tersedia di internet. Podcast menurut Prof. Nero dari universitas Al Azhar Indonesia yang juga merupakan praktisi media menyatakan bahwa bentuknya “hanya” berupa rekaman suara atau audio. Hampir mirip-mirip tipis dengan radio. Jadi jika melibatkan visual juga apakah bisa disebut podcast? Mungkin ya, mungkin tidak. Harusnya sih hanya berupa audio saja seperti radio, tetapi di dalam aplikasinya sendiri ternyata tersedia fitur untuk melakukan rekaman video.

Podcast pertama kali digagas oleh seorang jurnalis The Guardians, bernama Ben Hammersley di tahun 2004. Podcast berasal dari kata “play on demand” atau “broadcast“. Pertama kali dirilis oleh produk elektronik ipad bermerk Apple dan kawan-kawan. Sedangkan di Indonesia muncul pertama kali pada 7 April 2005 dengan nama “Podcast Apa Saja” dalam bentuk MP3. Podcast mulai berkembang di Indonesia setelahnya. Hingga kini, di tahun 2021, sudah ada lebih dari sejuta pengguna podcast di Indonesia. Sementara untuk pendengarnya ada sekitar 20% dari keseluruhan penikmat podcast yang ada di dunia.

Spotify dan anchor: CERNAK ISLAM

Lantas apa perbedaan podcast dengan radio? Radio memiliki tim kerja dan manajemen yang melibatkan banyak orang dengan susunan acara yang banyak dan variatif. Memiliki frekuensi khusus dan dikerjakan lebih ke arah profesional dan mencari benefit atau keuntungan. Acara-acaranya yang banyak dan variatif memiliki jam atau jadwal siar khusus. Jadi pendengar tidak bisa setiap saat mendengarkan acara yang disukainya dari sebuah stasiun radio. Harus stay tune di jam jadwal siar acara kesukaan.

Sementara podcast dikelola oleh minimal satu orang saja juga bisa. Dengan peralatan seadanya hingga yang disediakan khusus oleh penggunanya. Kadang acaranya spesifik fokus pada satu hal saja. Misalnya hanya membahas tentang buku, parenting, komedi, dan sebagainya. Tidak banyak melibatkan orang banyak dan manajerial tertentu, kecuali podcast yang dikelola serius untuk tujuan benefit seperti milik para selebritis. Pendengar bisa mengakses acara kesukaannya lewat podcast yang digemarinya kapan saja. Hanya tentu saja harus melalui platfrom yang menyokong keberadaan podcast ini seperti anchor, spotify, breaker, google podcast, radio republic, dan sebagainya.

Anchor dan spotify: PODCAST NUBAR

Nah, apakah Sobat semua sudah paham dengan podcast itu apa? Jika penasaran ingin tahu seperti apa, bisa install aplikasinya di play store atau langsung mencari nama podcast yang disukai di google podcast. Cari podcast lainnya yang Anda suka dan selamat menikmati.

Salam literasi.

Referensi:

Tempo.tekno.co

Google.com

Kumparan.com

Siberkreasi Master and Public Speaking Class.

Editor: DLZ’s crew

Gambar: koleksi pribadi, Canva.

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

0 comments on “PODCAST APAAN, SIH?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: