Monday, 23 November, 2020

Daily Literacy zone

PROFESI LITERASI ERA PANDEMI


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Sejak pandemi, berita tentang tingkat pengangguran yang meningkat sungguh membuat kita miris. Di saat semua harga semakin mahal, di saat itu pula sebagian masyarakat harus kehilangan mata pencahariannya. Sementara populasi penduduk terus meningkat, jumlah mulut yang harus diberi makan semakin bertambah. Semua pihak pastinya berusaha untuk mencari solusi untuk mengatasinya.

Buat Sobat DLZers, ada beberapa profesi literasi yang bisa dilakukan dari rumah dengan cukup bermodalkan gadget dan kuota. Ditambah skill khusus lainnya. Profesi apakah itu?

Online shop marketer. Sebenarnya sebelum masa pandemi, profesi ini sudah cukup marak, ya? Jadi buat Sobat DLZers yang sudah merintis sejak jauh-jauh hari, tinggal mengembangkan saja. Yang belum, bisa merintis sedari sekarang. Saran, jika tak punya cukup modal, cari saja agen penjualan yang menawarkan kerjasama sebagai reseller. Jadi kita cukup menawarkan barang dagangan dan mengawal masalah pembayaran hingga laporan pengiriman. Untuk masalah packing dan delivery barang, bukan menjadi tugas kita. Lebih simpel, kan?

Content writer. Dengan makin menjamurnya penjualan via online maka kebutuhan akan promosi atau iklan yang menarik agar pelanggan berdatangan tentunya menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Maka, Sobat DLZers bisa menawarkan diri sebagai content writer via medsos dan internet. Baik kepada perseorangan, badan usaha atau instansi.

Editor buku online: Jika Sobat DLZers memiliki kemampuan atau kompetensi sebagai editor, maka tak ada salahnya untuk mencoba profesi yang satu ini. Apalagi jika mengedit naskah buku bisa dikerjakan via online. Sobat bisa bebas menentukan jam berapa saja waktu untuk bekerja.

Content editor. Penggunaan platform-platform seperti youtube, podcast, dan lain-lain semakin marak dan digandrungi masyarakat. Jika Sobat DLZers memiliki skill mengedit konten video, maka profesi ini cocok sekali untuk dilakoni. Tawarkan terutama kepada para pemakai youtube agar konten yang mereka tampilkan lebih menarik lagi.

Pembuat konten. Saat masa belajar via daring membuat anak-anak khususnya para pelajar lebih banyak mengakses platform-platform hiburan seperti youtube, instagram, dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka kita bisa membuat konten-konten yang mengedukasi dan bermanfaat bagi anak-anak. Daripada mereka menonton hal-hal yang buruk, lebih baik jika diberikan tayangan yang sehat dan aman bagi perkembangan kesehatan mental mereka, bukan?

Penulis di website, situs, blog, dan sebagainya. Jika Sobat DLZers senang menulis, membuat puisi, memasak, travelling atau sekadar menulis kegiatan keseharian, bisa mencoba menulis di platform menulis untuk pribadi. Di internet banyak tersedia platform menulis ini. Ada yang menawarkan blog gratis, website, dan situs yang memberi masa trial gratis selama beberapa pekan. Ada yang berbayar, dari yang paling murah di bawah sejutaan untuk setahun hingga yang di atas setahun. Ada yang bisa diseting untuk pribadi, bisnis, dan sebagainya.

Kontributor portal berita. Di google, beberapa aplikasi bawaan merk gadget tertentu, platform chat hingga gojek saat ini sudah menyediakan tempat khusus untuk berita dan info-info lainnya. Sobat DLZers bisa mengajukan lamaran untuk menjadi kontributor di situ. Bayarannya juga lumayan, apalagi di beberapa portal berita menawarkan sistem reward untuk menaikkan jumlah fee yang akan diterima oleh penulis yang produktif.

Ghost writer. Selain memiliki kemampuan menulis untuk membuat buku sendiri atau menulis di website, Sobat DLZers juga bisa mencoba profesi yang satu ini. Terutama jika Sobat memiliki jaringan pertemanan yang luas. Kenal baik dengan orang-orang yang sukses dengan profesinya bisa menjadi suatu bekal untuk menawarkan diri menjadi ghost writer untuk menuliskan buku biografi mereka. Bayarannya juga lumayan fantastis, lho.

Penulis buku solo. Memang sempat berhembus kabar bahwa beberapa penerbit terkemuka menarik peredaran beberapa buku dari pasaran dikarenakan kurang laku akibat daya beli masyarakat yang rendah sejak masa pandemi dan PSBB berlaku. Tetapi, ada beberapa jenis buku yang justru semakin diminati masyarakat. Baik yang berupa fisik maupun e-book. Di antaranya buku-buku motivasi, buku agama, buku pelajaran, dan buku cerita anak.

Bagaimana, Sobat DLZers? Adakah salah satu profesi yang menarik untuk dicoba karena memiliki skill sesuai yang bisa dipergunakan? Selamat mencoba profesi tersebut. Good luck!

Salam literasi.

***

Editor: DLZ’s crew.

Gambar: Canva.

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

2 comments on “PROFESI LITERASI ERA PANDEMI

Suratmi Hamasah

MasyaAllah, menginspirasi. Jadi kepikiran hasil webinar tadi terkait enterpreneur. Hatur nuhun mbak.

Reply
DLZ Admin

Wah, menarik itu, Mbak. 😍🤩

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: