Sunday, 11 April, 2021

Daily Literacy Zone

QnA: ANTRE ISBN DI NUBAR LAMA?


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Q: “Ngantre ISBN di NuBar, kok lama? Sementara saya menerbitkan di penerbit lain, sebulan dua bulan udah kelar terbit plus ISBN-nya.”

A: “Antre ISBN memang tidak lama, kalau pas lowong dan sinyal bagus, sehari juga beres. Yang bikin lama itu, karena daftar secara online, jadi pendaftar harus memastikan sinyal internetnya stabil. Berhubung yang daftar online di Perpusnas itu bukan cuma satu dua tetapi ribuan per harinya, pendaftar harus cepat dan gesit.

Harus baca ini: APA ITU ISBN?

ISBN BUKTI PENGHARGAAN KARYA?

Seringkali yang terjadi, baru selesai mengetik, tiba-tiba sinyal melemah atau pendaftaran ditutup oleh Perpusnas karena sudah full kuota untuk hari ini. Jadi mesti mencoba lagi besok hari dan seterusnya. Per hari judul yang didaftarkan dibatasi maksimal 10 judul per penerbit, baik indie maupun mayor.

NuBar Rumedia per bulannya, total sekitar 20 hingga 30-an judul yang terkumpul. Jadi perjuangannya untuk bisa masuk daftar antrean lumayan juga, ya. Bersaing dengan penerbit seluruh Indonesia.

Di Perpusnas sendiri mengakui tenaga SDM yang tersedia terbatas. Sementara per harinya mereka harus menghadapi sekian ribu pendaftaran. Adapun kuota per hari hanya 500 judul buku.

Selain faktor eksternal, faktor internal juga ikut mempengaruhi laju progress penerbitan antologi, Sobat. Apa sajakah itu? Simak di QnA selanjutnya.

***

Referensi: www.isbn.perpusnas.go.id

Editor: DLZ’s crew

Gambar: Canva

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

0 comments on “QnA: ANTRE ISBN DI NUBAR LAMA?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: