Wednesday, 25 November, 2020

Daily Literacy zone

QUOTE OF THE DAY


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah

Write with the magical word. LOVE. Then see how it’s work for you.

Menulislah dengan kata ajaib. CINTA. Lalu lihatlah bagaimana hal itu bekerja untukmu.”

(Rhea’s note)

Sering stucked saat mau menulis? Sering nggak punya ide untuk menulis? Jika, ya, maka ganti mindset pikiran kita.

Jangan menulis karena dikejar kewajiban. Jangan menulis karena dikejar deadline. Jangan nulis asal nulis. Jangan yang penting nulis tapi nggak diedit lagi sebelum disebar. Jangan nulis tapi nggak menguasai apa yang ditulis. Jangan nulis kalau nggak yakin sama yang ditulis. Jangan pula menulis hanya untuk menyenangkan atau memenuhi hasrat orang lain. Pokoknya, jangan!

Nah, lho! Jadi bingung? Bagus! Artinya mikir pas baca tulisan ini.

Lha iyalah. Buat apa nulis kalau jiwa alias ruh kita tidak bersama tulisan yang ditulis? Yang baca juga akan merasa kosong dan hampa saat selesai membacanya. Apa yang akan tersampaikan jika tiada muatan dalam tulisan kita?

Yang ada pembaca bingung, “Ini penulis mau menyampaikan apa, sih? Kok, isi tulisannya ngalor ngidul ngetan ngulon begini? Absurd! Apa intinya?” Bahkan diulang membaca beberapa kali pun, maksud yang ingin disampaikan tak kunjung tersampaikan.

Hiks. Sedih nggak sih kalau ada orang yang membaca tulisan kita bukannya mendapat pencerahan tapi malah makin menekuk wajahnya atau menampilkan ekspresi wajah bingung. Kian kusut dan kalut. Waduh ….

Jika kita menemukan sebuah tulisan yang begitu berkesan, teriang-iang selalu, memberi kita inspirasi, membuat kita “kepo” dengan profil penulisnya (pernah begitu nggak? Kalau saya pernah! Hihihi). Maka artinya itulah contoh tulisan yang memiliki jiwa. Memiliki ruh alias nyawa.

Yang bisa membuat hal tersebut bisa terjadi cuma satu kata saja. The magical word, ever! Yaitu cinta!

Yup! C I N T A.

Ulang lagi? C I N T A.

Yes! Love.

Canva’s quote

Seseorang yang menulis dengan cinta karena ingin membagi pengalaman, ilmu, nasihat, dan sebagainya akan mampu menghadirkan nyawa pada tulisannya. Sekalipun tulisannya sangat sederhana. Namun, kekuatan cinta sanggup memancarkan aura yang akan membius para pembacanya hingga terpesona dengan tulisannya. Membuat mereka lagi dan lagi membaca karya-karyanya. Addicted! Ketagihan! Tapi ketagihan yang asyik pastinya.

Jadi, mari menulis dengan cinta. Bayangkan bahwa pembaca yang kita bidik diumpamakan adalah orang-orang yang dicintai, yang ingin kita lindungi dan selamatkan lewat tulisan. Sampaikanlah dengan sepenuh hati agar “maksud” cinta kita sampai kepada mereka.

So, start writing! Don’t forget to use the magical word and see how it’s works!

Salam literasi.

2 September 2020

Di depan laptop. Di hari yang berawan (tadi siang).

***

Editor: DLZ’s crew

Gambar: Canva

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

2 comments on “QUOTE OF THE DAY

afafaulia18

Dan saya terbidik teh Rhea, terima kasih teh.🥰🙏

Reply
DLZ Admin

Alhamdulillah 😇Sami-sami👍👍
Semangat!!

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: