Saturday, 19 September, 2020

Daily Literacy zone

RAGAM PROFIL PENULIS


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah)

Dari sekian naskah yang pernah penulis baca, beragam tipe profil penulis yang ditemui. Apa sajakah itu? Punyamu yang mana, DLZers?

Seperti surat. Diawali dengan salam, diakhiri pula dengan salam. Bacanya berasa seperti baca surat dari teman atau sahabat. Tidak sedikitpun menceritakan biodata penulis.

Isinya curhatan si penulis. Menceritakan tentang suka duka menjadi penulis, saat menjalani karir, sampai minta doa untuk kesuksesannya berkarir sebagai penulis.

Berupa doa. Bukan menceritakan tentang biodatanya, tetapi berisi doa dan harapan-harapannya berkarir di profesi menulis. Diakhiri dengan ucapan “aamiin”.

Baca juga : KENAPA NGGAK BER-SKILL EDITING?

Berisi tulisan sambil lalu. Ada yang entah apa maksud dan tujuannya menuliskan ungkapa-ungkapan yang ambigu. Contoh: aku suka menulis meski entah apakah tulisanku memiliki makna atau tidak.

Portofolio non literasi. Yang dituliskan prestasi di luar dunia kepenulisan, sementara prestasi atau karya di dunia literasi tidak ada sama sekali.

Menampilkan judul per tulisan. Menuliskan judul naskah dari buku antologi yang diikutinya sementara tema atau buku antologinya tidak disebutkan.

Berupa bedah karya. Ada penulis yang menjelaskan isi naskah yang dituliskannya. Dari mulai kenapa ambil judul tertentu, inti tulisannya tentang apa dan sebagainya.

Detail seperti kartu keluarga. Disebutkan semua nama ayah ibunya, saudara-saudara yang dimilikinya, nama suami, nama anak. Lengkap dengan semua gelarnya. Baik gelar akademis maupun non akademis.

Detail seperti KTP. Dari mulai tanggal lahir, nama panggilan, nama kota kelahiran dan domisili, dari kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Alamat pun super detail.

Mirip referensi atau daftar pustaka. Karya literasi lengkap dituliskan. Dari judul, bulan, tahun, penerbit dan kota tempat penerbit.

Alamat medsos dan daring lengkap. Dituliskan semua yang dimiliki. Dari mulai FB, whatsapp, instagram, email, blog, website, telegram, wattpad, dan lain-lain.

Berisi pengalaman kerja di profesi non literasi. Dijelaskan dari mulai lulus sekolah atau kuliah. Dari tahun sekian sampai tahun sekian. Di kota A, B. Memegang jabatan ini, itu, dan sebagainya.

Mana yang Sobat DLZers rasa sesuai dengan kepribadian dalam menuliskan profil penulismu? Itu adalah salah satu personal branding-mu. Untuk menarik klien yang membutuhkan karyamu.

Salam literasi.

4 comments on “RAGAM PROFIL PENULIS

nurilatih

Tujuan menulis profil
Kajok aku

Reply
DLZ Admin

😁

Reply
riafauzie

Itulah sebab sampai detik ini ga pernah puas sama profil. Selalu saja merasa kurang tapi gak tau harus bagaimana.

Reply
DLZ Admin

Yang membangun personal branding kita sebagai penulis aja, Mbak. Karya literasi (nggak usah dibeberkan semua kalau ditentukan maksimal berapa untuk nulis profil, sebagian aja), alamat email, kontak, dan medsos.

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: