Saturday, 06 March, 2021

Daily Literacy Zone

Tag: dailyliteracyzone.com


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) Perempuan itu setiap harinya, dari mulai bangun sampai tidur lagi itu sanggup mengeluarkan 20.000 kata. Jadi memang sangat wajar jika perempuan dikenal sebagai makhluk paling ceriwis dan cerewet di muka bumi ini. Tak ada yang menyangsikan Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) Kali ini kita akan membahas 5 jenis tulisan yang wajib dipahami oleh semua penulis. Katakanlah, mengulang kembali pelajaran Bahasa Indonesia saat masih zaman sekolah dulu. Saat mengikuti sebuah pekerjaan menulis, terkadang kita tidak terlalu memedulikan jenis Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) Seperti halnya ilmu eksak, nyatanya ilmu menulis pun memiliki rumus. Rumus yang selalu ditekankan di setiap pelatihan atau kelas nulis terutama pelatihan bagi penulis pemula. Bagi yang belum tahu apa itu rumus untuk menulis, cek ulasan Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) “Senangnya saat penulis A gabung di proyekan nulis. Skill-nya sudah tidak diragukan. Aktif nulis di berbagai komunitas. Pasti kalau gabung, bakalan bikin proyek nulis yang saya garap jadi istimewa.” Ini antuasiasme dan ekspektasi. “Nulisnya kok seperti Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) Menurut situs www.kemenkes.go.id, wanita dua kali mengalami gangguan jiwa ringan dibandingkan dengan pria. Faktor pencetus yang menyebabkannya adalah dari faktor sosial dan ekonomi. Sering juga kita mendengar berita tentang para ibu stres tak tertolong yang menyebabkan Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) “Saya ke bangsal sebelah dulu ya? Mau minta kopi. Malam ini rasanya kok ngantuk begini.” Ranti, kepala shift malam bangsal perawatan khusus pasien syaraf hanya mengangguk saat Adi, salah satu anak buahnya izin hendak ke bangsal Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) Di beberapa proyek menulis, seperti antologi, terkadang masih ada penulis yang belum paham apa perbedaan fiksi, non fiksi, dan faksi. Padahal ini bekal utama penulis sebelum memulai menulis. Dasar ilmu yang perlu sekali untuk dimengerti. Oke, Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) “Teh, aku melihat sesuatu di ruang itu!” Yusi, perawat muda yang berdinas malam bersamaku berucap takut-takut sambil menunjuk ke arah ruang sebelah yang kosong dan gelap. “Apaan?” Aku baru saja selesai menyuntik seorang pasien. Wajah Yusi Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) “Dia udah mau lahiran buku lagi aja, sementara aku belum juga beres-beres nulis satu naskah.” “Produktif banget, sih, dia? Padahal anak masih kecil-kecil, kerja kantoran, jualan juga. Sedangkan aku? Kok, sepertinya susah banget mau mulai menulis.” Read more…


(Penulis: Rhea Ilham Nurjanah) Apa sih yang terlintas di pikiran Sobat DLZErs jika mendengar kata “horor”? Pasti langsung terbayang yang seram-seram, menakutkan, bikin merinding, dan sebagainya. Terutama bagi sebagian orang yang lebih senang untuk memilih menjauhi hal-hal tersebut dibandingkan dengan Read more…

%d blogger menyukai ini: