Thursday, 02 December, 2021

Daily Literacy Zone

TATA TERTIB KOMUNITAS NUBAR-NULIS BARENG RUMAH MEDIA AREA JAWA BARAT TAHUN 2021


Assalamualaikum wr wb. Demi menjaga ketertiban dalam semua proses kegiatan antologi NuBar, maka kami selaku pengelola grup telah menetapkan beberapa peraturan sebagai berikut:

1. Interaksi Grup.

– Gunakanlah bahasa yang sopan, santun, dan tidak memprovokasi apalagi sampai menimbulkan kebencian serta prasangka buruk antar member.

– Dipersilakan untuk saling mengapresiasi prestasi kontributor yang menjadi penulis naskah terbaik di setiap event antologi. Pengumuman terkait hal ini akan diberikan ketika buku sudah terbit. Grup akan dibuka untuk waktu maksimal 3x 24 jam setelah pengumuman released.

2. Menunggu Buku Terbit.

-Setiap info update progress buku-buku NuBar yang di-share di grup, harap disimak, dipahami, dan ditandai agar tidak tergulung oleh chat.

– Admin tidak akan melayani wapri berupa pertanyaan terkait proses dan progress buku jika ybs tidak lagi berada di dalam grup ataupun komunitas NuBar.

– Admin tidak akan melayani wapri berupa pertanyaan kembali tentang progress penerbitan buku bagi member yang masih berada di dalam grup. Silakan buka dan scroll up masing-masing di Grup Info Progress NuBar 1, 2, dan Grup Info Progress PenCil. Maka dari itu perhatikan baik-baik, teliti, dan baca. Sebab info update yang dibuat sudah disusun sesederhana mungkin namun tetap lengkap.

3. Mengikuti Progress dan Info Terkait Buku Antologi.

-Silakan disimak informasi apa pun terkait buku antologi yang sedang menjalani proses penerbitan.

– Jika PJ suatu event mengundurkan diri sebelum buku antologi yang dipimpinnya terbit maka tanggung jawab untuk berkonsolidasi dan konfirmasi akan beralih kepada Manajer Area.

– Info progress akan di-update setiap kali tim NuBar mendapatkan informasi terbaru dari penerbit. Jika tidak ada postingan update terbaru, maka acuan info masih berdasarkan info update-an yang terakhir diposting di grup.

4. Etika untuk Left Grup.

– Izin lewat wapri kepada PJ di event terakhir yang diikuti.

– Izin pada PJ yang dikenali.

– Jika PJ yang dikenali sudah left grup atau resign, silakan menghubungi Manajer Area.

– Izin pada salah satu admin grup. Silakan lihat di bagian atas pada list “Info Grup” untuk nama dan nomor kontaknya.

– Setelah dapat izin left grup dari admin yang dipamiti, izin juga secara terbuka di grup. Jika grup dikunci, maka PJ atau admin yang dipamiti oleh member ybs harus mengambil alih untuk menginformasikannya di grup khusus PJ maupun di grup info progress untuk menghindari kesalahpahaman dan prasangka buruk antar member dan admin.

– Bagi member yang left tanpa izin lewat wapri kepada admin, PJ atau pun Manajer Area terlebih dahulu maka otomatis nama dan kontaknya akan dicatat sebagai black list. Jika masih menunggu buku terbit, maka PJ ataupun Manajer Area berhak untuk tidak meladeni ataupun menghiraukan ybs. Oleh karena itu sebelum memutuskan left tanpa pamit, pikirkanlah dulu dengan sebaik mungkin sebab nama baik dan reputasi Anda yang dipertaruhkan.

– Admin, PJ, maupun MA tidak akan memaksa member yang ingin left untuk tetap stay. Namun, member tersebut harus paham konsekuensi apa saja yang akan diterimanya jika tetap bersikeras ingin left grup. Terutama bagi yang left grup tanpa memakai etika dan masuk daftar black list.

– Jika ingin left grup karena suatu hal urgent, misal sakit parah sehingga ingin fokus ke penyembuhan, kapasitas gadget kecil dan terbatas sehingga sering kolaps, dan sebagainya, silakan hubungi PJ masing-masing event dan minta izin untuk tetap mendapatkan info progress via wapri lewat PJ tersebut.

– Bagi member yang sudah tidak ada tungguan buku terbit, tidak ikut di proyek antologi lainnya, silakan left grup atau bergabung di grup besar/ alumni NuBar dan di grup FB. Silakan minta di-add oleh salah satu admin atau PJ yang masih aktif.

5. Etika Memosting Informasi Literasi.

– Member diperbolehkan untuk memosting karyanya baik berupa quote harian, artikel, cerita fiksi dari akun media sosial, buku terbarunya, dan sebagainya tanpa berniat untuk mengajak member lainnya masuk ke dalam komunitasnya (jika pemosting memiliki komunitas binaan atau menjadi PJ di komunitas lain di luar NuBar).

– Karya yang akan diposting harus diajukan terlebih dahulu kepada admin grup. Jika lolos kurasi maka postingannya tersebut akan diposting oleh admin di grup.

– Tidak diperkenankan memosting ajakan bergabung menulis di komunitas lain. Ramaikanlah kegiatan berliterasi di komunitas NuBar.

– Jika ada PJ NuBar yang resign maka akan diumumkan di grup. Bukan untuk membuka aib atau bertujuan negatif tetapi sekadar mengiinformasikan saja. Terutama bagi PJ yang masih memiliki tanggung jawab terhadap tungguan buku terbit, agar kontributornya tidak merasa ditinggalkan begitu saja.

6. Spamming.

-Ketika grup dalam keadaan tidak terkunci lalu ada kontributor yang memosting hal-hal yang tidak berkaitan dengan komunitas NuBar dan literasi, maka admin berhak memberikan teguran ataupun langsung mengeluarkan ybs.

Member yang menyepam di grup, akan diberi kesempatan sesegera mungkin atau waktu 15 menit untuk segera menghapus postingannya tersebut. Pilih opsi hapus untuk semua orang di pilihan menu setelan pada aplikasi whatsapp.

– Jika lewat dari 15 menit tidak ada respon atau reaksi apa pun maka admin berhak mengeluarkan ybs tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Ybs juga tidak diizinkan kembali masuk ke Grup Info Progress 1, 2, ataupun PenCil. Silakan hubungi PJ di event terakhir yang diikuti untuk masalah teknis terkait buku terbit.

7. Paket Buku.

– Kontributor yang sudah left grup tanpa pamit atau berada di black list tidak akan dimintai konfirmasi ulang terkait nomor telepon dan alamat jika ada perubahan. Paket buku tetap akan berdasarkan alamat yang tertera pada data kontributor.

– Paket buku milik kontributor yang berada dalam black list ataupun left grup tanpa pamit, jika di jalan mengalami kendala atau masalah, maka pihak NuBar berlepas tangan dan tidak akan mengurusinya.

– Paket yang bermasalah atau mengalami kendala saat pengiriman, jika pemiliknya masih berada di dalam grup progress 1, 2, dan PenCil, akan dibantu pengurusannya sampai tuntas oleh pihak NuBar (MA dan PJ ybs).

Waktu estimasi pengiriman paket buku maksimal 8 hari. Terhitung sejak pada hari paket dikirimkan. Lewat dari 8 hari jika ada masalah atau komplen terkait paket buku silakan hubungi PJ event masing-masing.

– Komplen paket hilang apabila lewat dari 8 hari tidak akan dilayani. Oleh karena itu simak baik-baik jika ada info akan dimulainya proses pengiriman buku di grup.

– Jika paket buku di-return kepada MA karena no kontak dan alamat yang dimaksud ternyata tidak dapat dihubungi maka kontributor harus membayar ulang ongkir apabila ingin paket bukunya dikirim ulang.

– Kontributor dipersilakan untuk meminta no resi jika memang untuk keperluan melacak paket. Silakan hubungi PJ antologinya masing-masing.

– Segera konfirmasikan jika paket buku telah diterima. Bisa menghubungi PJ event, MA atau admin grup info progress.

Prosedur alur konfirmasi dan konsolidasi terkait antologi NuBar :

Kontributor–> PJ event/ leader proyek antologi –> Manajer Area –> Penerbit Rumah Media ( dan atau percetakan)

Terima kasih atas kerjasamanya.

Salam literasi dan wassalamualaikum.

Regards.

Manajer Area Jabar NuBar Rumedia

Rhea Ilham Nurjanah

***

Editor: DLZ’s crew

Gambar: koleksi NuBar Jabar Rumedia

www.dailyliteracyzone.com

0 comments on “TATA TERTIB KOMUNITAS NUBAR-NULIS BARENG RUMAH MEDIA AREA JAWA BARAT TAHUN 2021

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: