Friday, 05 March, 2021

Daily Literacy Zone

TOTTO-CHAN’S CHILDREN (Anak-anak Totto Chan)


Assalamualaikum wr wb. Hai Sobat DLZers. Kali ini kita meresensi buku yang penuh dengan pesan moral dan perdamaian. Simak, ya.

Judul: Totto-Chan’s Children (A Goodwill Journey to the Children of the World)

Penulis: Tetsuko Kuroyanagi (Jepang)

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Tahun terbit: 1997

Cetakan: kesebelas, Maret 2019

Ukuran buku: A5, 328 halaman

ISBN: 978-979-22-5998-8

Harga: 65k

Resume:

Totto chan alias Tetsuko Kuronayagi, salah satu penulis terkemuka dari Jepang, setelah sukses dengan buku pertamanya yang terus cetak ulang hingga saat ini, kembali menerbitkan sebuah karya. Karya yang tetap menjadi ciri khasnya yaitu tidak jauh dari kehidupan yang membahas tentang dunia anak-anak. Bukunya kali ini pun sudah mengalami cetak ulang hingga kesebelas kali. Luar biasa, bukan?

Buku ini sebenarnya lebih kepada bentuk jurnal. Jurnal hasil catatan perjalanan Totto chan saat menjadi duta PBB untuk UNICEF tahun 1984. Ya! Salah satu badan dunia yang mengurusi anak-anak terlantar dan kelaparan. Anak-anak yang berada di negara ketiga dan yang sedang dalam kondisi peperangan berkepanjangan.

Beberapa negara ketiga yang disambanginya banyak membuat mata hatinya terbuka kian lebar. Banyak hal-hal memilukan yang ditemuinya ketika Totto chan berusaha berbaur dengan anak-anak kelaparan, kurus, dan berpenyakitan. Betapa masa kecil yang seharusnya diisi dengan saat-saat membahagiakan, justru terisi dengan kejadian-kejadian memilukan. Anak yang kekurangan gizi hingga otaknya tak berkembang, anak yang mati mengenaskan ketika memeluk boneka yang diisi bom, anak-anak kecil dan balita yang saking lemahnya hingga mereka menangis pun tanpa suara, serta banyak kejadian memilukan lainnya yang sungguh membuat kita banyak mengelus dada saat membaca dan membayangkannya.

Referensi oke: Nabi Muhammad dan Mukjizatnya

Buku ini dilengkapi dengan beberapa foto yang sempat Totto chan abadikan di tempat-tempat yang dikunjunginya. Baik foto tentang kondisi anak-anak yang memilukan hingga foto kebersamaannya saat bercengkerama dengan mereka. Terlihat sekali perbedaannya. Totto chan yang terlihat bersih dan cantik, bersanding dengan anak-anak kurus dengan perut membuncit, bahkan ada yang tanpa memakai pakaian yang layak. Ada pula foto anak-anak korban perang di kamp-kamp pengungsian, hingga yang menderita cacat fisik akibat terkena radiasi dari senjata perang. Semuanya sungguh menghentak-hentak rasa kemanusiaan kita. Sangat-sangat mengharukan ….

Terhitung ada 13 negara yang dikunjungi oleh Totto chan saat bertugas sebagai duta UNICEF. Semua menggambarkan betapa menyengsarakannya perang itu. Baik perang antar negara maupun antar saudara senegara sendiri. Semua akan berimbas kepada sektor ekonomi di mana pada akhirnya anak-anak kecil dan bayi-bayi tak berdosalah yang menjadi korbannya. Maka wahai para penguasa, cobalah kalian lebih banyak melihat dengan mata kepala kalian sendiri tentang nasib “anak-anakmu”. Hentikan perang! Hentikan semua kejahatan dan kerakusan kalian demi mempertahankan ego pribadi.

Buku ini sungguh sangat bagus untuk dijadikan referensi penambah wawasan sekaligus pengingat diri bahwa, kesusahan yang kita alami hari ini nyatanya hanya seper sekian persen jika dibandingkan dengan penderitaan anak-anak yang hidup di negara ketiga dan negara yang sedang berkonflik alias pecah perang berkepanjangan. Perenungan bagi kita semua bahwa semua yang dianggap mahal dan hanya mimpi bagi mereka, nyatanya yang masih kita nikmati saat ini. Ketenangan, ketersediaan air dan makanan, baju dan tempat tinggal yang layak, masih sempat menikmati segala hal yang berbau kesenangan hidup. Sementara di sana, di belahan bumi yang lain, untuk mendapatkan sebutir gandum dan secangkir air minum saja, seseorang harus bertaruh nyawa dan seluruh hidupnya untuk bisa mendapatkannya. Maka, masih adakah alasan bagi kita untuk tidak bersyukur kepada Allah SWT hari ini?

Salam literasi.

***

Editor: DLZ’s crew

Gambar: koleksi pribadi penulis

dailyliteracyzone.com/rheailhamnurjanah

0 comments on “TOTTO-CHAN’S CHILDREN (Anak-anak Totto Chan)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: